D I E N G JAWA TENGAH


                                                                          Dieng 

Berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya pegunungan di mana tempat para dewa bersemayam.  Terletak di ketinggian 2000-an di atas permukaan laut, jadi cukup tinggi. Bandingkan dengan Tibet yang mencapai 4000-an mdpl, dengan suhu 10-15 C. Ada beberapa tempat menarik di dataran tinggi Dieng, di antaranya: 


> Telaga Warna,
   - Telaga Warna di Dieng, sangat indah, memantulkan aneka warna.  Di sebelahnya  terdapat telaga yang menyerupai cermin, Telaga Pengilon namanya. 






> Telaga Pengilon, 

> Gua Semar, 
    - Terdapat di antara Telaga Warna
   
> Gua Sumur,
    - Di dalamnya terdapat sumber air suci yang disebut Tirta Perwitasari

> Gua Jaran,
    -Di lokasi ini umuat Hindu sering melakukan upacara Medhak Tirta

> Candi-candi  Dieng
- Candi Arjuna

















> Kawah Sikidang,  
    - Adalah salah satu kawah yang terdapat di Dieng yang saya kunjungi. 
      Meskipun nampak menggolak, ternyata ini akibat suhu tinggi di bawah permukaan, 
      jadi, bukan karena akifitas magma. Ketika kesana suhu maupun gas yang
      keluar selalu dimonitor oleh petugas untuk keamanan pengunjung.
      Hal ini bisa dimengeri mengingat pengalaman penduduk Dieng yang
      pernah mengalami petaka di tahun 1979 akibat gas yang keluar dari
      kawah-kawah aktif di sini.







> dsb







Tiket terusan untuk ke lokasi-lokasi tersebut, cukup merogoh kocek sebesar Rp 20.000,- saja udah dapat menikmati keindahan alam Indonesia ini tanpa perlu pergi ke negri orang ^_^





sumber : http://harjo.wordpress.com/2010/09/14/nikmatnya-libur-lebaran-ke-dieng/

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
I'm still in love because when its that real is when it doesn't fade
Adna Khanin. Diberdayakan oleh Blogger.